It's more than creative, it's CREATIZZ

Working In Action: Kembali Bekerja di Zona WIB

Yup, setelah setahun lamanya saya tidak membuat post baru dalam blog ini, akhirnya ada waktu (dan terutama sinyal internet) untuk melanjutkan seri Working In Action. Seri ini sebenarnya hanyalah cerita dan pengalaman pribadi saya sendiri sebagai seorang pekerja terutama di tempat yang mungkin sebagian besar lulusan sarjana dari Pulau Jawa tidak akan memilih.

Sudah 2 tahun dan 3 bulan saya melanglang buana di Pulau Kalimantan sejak tahun 2012 bulan April. Setahun pertama saya bekerja di Provinsi Kalimantan Selatan, yakni Kabupaten Banjar. Setelah saya berhasil lulus menjadi pegawai tetap di PT. Pamapersada Nusantara dan menjabat sebagai Group Leader Hauling & Port, saya masih ditempatkan di Distrik KCMB Kalsel. Kemudian rencana Tuhan membawa saya merantau ke daerah lain dan lebih menantang. Yakni Provinsi Kalimantan Tengah, Kabupaten Kapuas. PT. Pamapersada Nusantara (atau lebih dikenal dengan PAMA) membuka tambang baru bersama ownernya PT. Asmin Bara Bronang. Proyek tambang ini baru berjalan semenjak saya bergabung PAMA, yakni tahun 2012. Jadi masih tergolong proyek baru dibandingkan site saya (KCMB) yang mana sudah berjalan sejak tahun 2004. Selain proyek baru, PT. Asmin Bara Bronang (atau kita sebut Asmin) merupakan affco atau affliated company dimana 98% sahamnya adalah milik PAMA. Jadi proyek ini adalah sebuah pertaruhan bagi PAMA untuk mengubah lini bisnisnya, kontraktor pertambangan menjadi owner pertambangan.

Selanjutnya tentang Asmin dan historinya akan saya ceritakan lagi di lain kesempatan. Tambang ini (dikenal dengan kode Distrik ASMI) merupakan tambang yang lokasinya terjauh dibandingkan proyek tambang lain yang PAMA kerjakan. Saya kurang tahu berapa kilometer jarak tempuhnya, tapi yang saya tahu pasti perjalanan dari Palangkaraya ke Buhut, desa terdekat dengan proyek, menghabiskan waktu 5 jam perjalanan dengan mobil. 2 jam ditempuh pada jalan aspal ke Kecamatan Timpah, kemudian dilanjutkan 3 jam menembus jalan milik perusahaan tambang lain dan jalan logging. Karena jaraknya yang paling jauh maka tidak heran ASMI diberi predikat jobsite khusus.

Sesampai di Buhut pun, kita masih harus menempuh perjalanan kira-kira 1 jam menuju Kahukup, lokasi mess dan office tambang. Tapi perjalanan ini ditempuh lewat jalan hauling yang dibangun PAMA, sehingga lebih mulus dalam perjalanan dengan mobil. Distrik ASMI

 

Proyek tambang ini bersebelahan dengan 2 tambang lain, yakni tambang PT. Total Orbit Prima (TOP) dan PT. KTP. Tambang TOP kebetulan tambang yang juga dikerjakan oleh PAMA dengan kode TOPB. Maka dari itu, banyak karyawan yang pertama datang untuk memulai proyek ASMI mayoritas berasal dari TOPB. Proyek tambang batubara ini merupakan proyek yang berkarakter lain dibandingkan tambang lain yang dikerjakan PAMA. Sebab mulai dari pembukaan tambang (clearing), pemindahan tanah (earth moving), pengambilan komoditas (exploitation), hingga hilir (crushing and hauling), dikerjakan oleh PAMA semua. Karena di proyek-proyek tambang besar lain, PAMA hanya sekedar menjadi kontraktor untuk menggali overburden serta mengambil batubaranya. Untuk hilir, dikerjakan oleh owner.

Wajah Tambang ASMI

 

Sejak 20 Agustus 2014, saya resmi bergabung dalam Distrik ASMI Department Hauling, dan menjabat sebagai GL Hauling & Port. Bulan Oktober, saya dipercaya menjadi SHE Coordinator di department saya. Setahun sudah saya lalu-lalang di bumi Kalteng. Tantangan serta kebosanan yang menjadi makanan sehari-hari dalam bekerja di proyek ini. Tapi inilah hidup dan bekerja. Semua pasti ada plus-minusnya. Plusnya saya mendapat penghasilan, minusnya saya harus sabar di hutan selama masa dinas 2 bulan.

 

To be continued……

 

7 responses

  1. waww.. it’s amazing

    September 10, 2014 at 12:28 pm

  2. bro…boleh give me areason…why you choose that job…..need encourage myself to join

    February 21, 2015 at 5:42 pm

    • Simple. Karena saya masih ingin menjelajahi sudut-sudut Kalimantan selagi muda. Ditambah lagi, pekerjaan ini lebih baik daripada saya terlibat proyek pembangunan di daerah kota.

      March 19, 2015 at 10:31 pm

  3. Fachrozi

    wow . saya sedang proses recruitment nih gan penempatan kalimantan. masih fresh graduate. mau korek=korek dikit dong gan. hidup di kalimantan seperti apa ?

    April 23, 2015 at 8:10 pm

  4. yunita

    RYJ

    September 29, 2015 at 9:09 am

  5. wahyu

    om boleh minta kontak person nya ngga? saya mau main ke distrik kcmb nih.

    March 4, 2016 at 3:30 pm

  6. Padlan

    Maaf permisi bp e, nanya neh apa sarananya dari Track

    November 22, 2016 at 12:57 pm

Leave a Reply

