It's more than creative, it's CREATIZZ

Working In Action: Kalimantan, Tanah Harapan

Kalimantan. Pulau terbesar di Indonesia. Berisikan berbagai macam sumber daya alam yang melimpah dan tak ada habisnya. Surga di bumi khatulistiwa, menjadi istilah tepat bagi pulau ini. Lebatnya hutan saat dipandag dari udara laksana karpet hijau. Indonesia beruntung memiliki pulau ini.
Ironisnya, jumlah penduduk Kalimantan tidak berbanding lurus dengan besarnya atau luasnya tanah. Semua orang malah berebut sepenggal kecil tanah di Jawa. Sedikit juga hitungan/presentase orang Jawa yang merantau ke Kalimantan. Orang Jawa terbanyak adalah transmigran sejak jaman Orde Baru. Seharusnya Kalimantan menjadi tanah perantauan utama bagi orang Jawa atau Sumatera. Eksploitasilah pulau ini. Tidak ada yang salah dengan mengeksploitasi harta Indonesia ini. Bahkan kita bisa memajukan daerah Kalimantan dengan merantau kesana.

image

Kenapa saya berbicara mengenai Kalimantan? Karena saya merupakan seorang perantauan di tanah Borneo tersebut. Saya mencoba memeras keringat dengan bekerja di perusahaan tambang batubara, PT. Pamapersada Nusantara (PAMA). Site tambang tempat saya beroperasional adalah site KCMB di Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan. PAMA mengambil fungsi sebagai kontraktor atas joint site yang dimiliki oleh PD. Baramarta dan PT. Prima Multi Mineral (PMM). Uniknya PMM adalah anak perusahaan PAMA yang bekerja sebagai trader batubara. Jadi site KCMB bisa dikatakan sebagai tambang PAMA sendiri.

image

3 responses

  1. surya adi pratama

    mas, saya eknik sipil juga.
    saya tertarik untuk bekerja di pertambangan batubara kalimantan. apa ada training yang harus saya ikuti mas supaya nanti bisa kerja di tambang, terus apa ada software khusus yang harus saya kuasai tterlebih dahulu ?
    dan terakhir mas, kerjaan kita di tambang kaya apa sih ?

    December 1, 2012 at 7:24 am

  2. Untuk Teknik Sipil nantinya lebih diarahkan menjadi Production Group Leader (PRGL). Yang mana berfungsi sebagai supervisor/foreman produksi OB (overburden) dan coal di tambang. Bisa juga sebagai GL di Pit Service, dimana berfungsi untuk membuat infrastruktur fisik tambang. Seperti jalan tambang, drainase, dewatering, dll.
    Saya ditempatkan di Coal Processing Plant (CPP), sebagai Hauling GL. CPP adalah departemen unik, karena hanya owner yang biasanya punya (PAMA adalah kontraktor). CPP berperan untuk meng-crushing batubara sesuai permintaan owner, dan diantarkan (haul) ke port.
    Untuk software, saya rasa kuasai software geoteknik, seperti plaxis. Karena pekerjaan sipil di tambang dominan di geoteknik. Untuk training, tidak ada yang khusus.

    December 1, 2012 at 4:27 pm

    • surya adi pratama

      wah, makasih banyak atas jawabannya mas. jadi semakin tertarik untuk kerja di kalimantan !

      December 2, 2012 at 7:08 pm

Leave a Reply

