It's more than creative, it's CREATIZZ

Holiday In Action: Lombok Tersembunyi di Gunung Kidul

Kalo kita, orang Indonesia, membicarakan pantai yang mantab dan joss (definisi ilmiahnya: berpasir putih, air laut biru nan jernih, dan bersih dari sampah), mungkin kita akan selalu membicarakan pantai di Nusa Tenggara Barat, Wakatobi, atau Raja Ampat. Namun lebih menyesakkan dada setelah diketahui bahwa rata-rata pantai terbaik se-Indonesia merupakan private beach bahkan private island yang dimiliki oleh orang asing. Jiwa nasionalisme dalam diri kita tentu akan menangis ketika mendengarnya. Apakah pemerintah yang perlu disalahkan, atau kita sendiri, masyarakat Indonesia, yang tak peduli dan membiarkan saja dengan sikap…….“bukan urusanku!!!”

Bagi saya pribadi, seorang crea, pantai yang benar-benar terbaik dan indah berlokasi di Lombok. Hanya di sanalah, saya bisa berenang di laut biru yang jernih, berlantaikan pasir putih, beratapkan langit biru, dengan ombak yang tenang, sepi dari turis berisik (dan anak-anak kecil perusuh) serta bersih. Liburan saya benar-benar sempurna kala itu. Namun Lombok merupakan tempat yang jauh dan sangat mahal untuk ukuran objek wisata lokal. Belum lagi, waktu kosong untuk berlibur yang sangat jarang, benar-benar membuat diri saya mendambakan supaya Lombok bisa digeser ke selatan Jogja😛

Tapi bulan lalu, Agustus 2011, saya menemukan sebuah kejutan. Dalam rangka mencari tempat untuk makrab (malam keakraban) angkatan Jurusan, saya menemukan informasi mengenai sebuah pantai di daerah Gunung Kidul dengan jarak kurang lebih 2 jam dari Jogja. Nama pantai tersebut adalah Pantai Indrayanti.

Ketika saya dan 3 kawan mensurvei ke pantai tersebut, benar-benar menjadi sebuah kejutan. Biasanya kami, orang Jogja, hanya mengenal pantai Parangtritis atau Kukup, dan Baron juga. Dan ketiga pantai tersebut benar-benar jorok! Pasir pantai yang hitam, banyak sampah, ombak yang besar, banyak pengunjung, terutama yang membawa anak-anak kecil, serta kios-kios dagangan yang semrawut dan tak tertata. Rasanya ingin teriak dan misuh ketika di pantai-pantai tersebut. A*uu kabeh……!!!

Namun pantai Indrayanti berbeda dari ketiga pantai yang telah disebut. Saya seperti menemukan Lombok yang tersembunyi. Pasir putih, air biru nan jernih, semuanya yang ada di Lombok tersaji di depan mata ini kala itu. Belum lagi ada resort gaya Bali serta kafe pinggir pantai. Komplit sudah. Dan membuat ngiler adalah pantai ini masih sepi!

Jadi Pantai Indrayanti adalah pantai pribadi milik perseorangan. Tapi pantai ini milik orang lokal, dimana kebersihan dan perawatannya melibatkan penduduk sekitar. Terdapat satu kafe, 3 resort dengan kapasitas berbeda, serta camping area. Harga yang ditawarkan untuk menginap beranekaragam tergantung kapasitasnya. Untuk satu kamar 5 orang, seharga Rp 350.000/malam. Untuk yang isinya 10 orang, seharga Rp 750.000/malam. Memang mahal untuk ukuran Jogja. Namun setimpal dengan fasilitas yang ditawarkan. Semua resort didesain dengan sungguh-sungguh, bukan asal-asalan. Bergaya Bali semua dengan dominasi material kayu. Menarik bukan?

Kebersihan menjadi objek yang ditonjolkan untuk dijual ke pengunjung. Benar-benar bersih tanpa sampah, baik organik maupun non-organik. Dan sudah disediakan tempat sampah di berbagai titik. Jadi tidak ada alasan untuk membuang sampah sembarangan. Bila anda adalah pengunjung yang nakal dan coba-coba membuang sampah, anda akan didenda Rp 10.000 untuk satu benda sampah! Sudah mengadaptasi hukum Singapura rupanya. Sepertinya kelewatan, tapi demi kebersihan pantai, sangatlah wajar untuk diaplikasikan. Apalagi mental orang Indonesia yang nakal dan tak peduli terhadap hukum.

Berikut foto-foto yang saya miliki.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s