It's more than creative, it's CREATIZZ

Working In Action: Terima Kasih Waskita Karya!

Saran Creatizz: Ini tulisan agak serius dikit tapi ga ngawur

28 Juni 2011

Lengkap sudah 4 bulan saya kerja magang di proyek Apartemen Gunawangsa, yang dikerjakan oleh kontraktor PT.Waskita Karya. Benar-benar sebuah perjuangan, demi Tugas Akhir, dan pada akhirnya demi masa depan. Walaupun ini sebuah perjuangan yang terkadang melelahkan, namun masa magang ini telah menjadi masa berharga bagi saya untuk tumbuh dewasa. Dengan artian, bahwa saya (dan ketiga kawan) benar-benar digembleng oleh Waskita untuk siap turun di dunia kerja konstruksi setelah lulus. Adapun pandangan baru yang saya serapi dalam perjalanan magang bahwa dunia kerja sangat berbeda jauh dengan dunia kuliah.

Walaupun banyak sekali ilmu baru yang bisa saya ambil, namun saya masih merasa kecil di hadapan dunia kerja. Belum siap. Mungkin itu kata yang tepat untuk menggambarkannya. Namun kini, ada rasa kepercayaan diri bahwa pengalaman serta ilmu dari magang ini membuat kami (saya dan ketiga kawan saya) merasa ada peningkatan nilai jual diri kami saat akan melamar kerja. Betapa tidak, kerja magang di UGM (khususnya Jurusan Teknik Sipil & Lingkungan) bukanlah suatu kewajiban layaknya Kerja Praktek di jurusan atau kampus lain. Melainkan sebuah pilihan. Mahasiswa diperkenankan untuk memilih magang sebagai Jalur Tugas Akhir Skim B.

Sayang sekali dirasa bila magang hanya menjadi sebuah pilihan. Namun bagaimana lagi. Dewasa ini, sudah jarang mahasiswa Teknik Sipil yang ingin untuk magang. Padahal sebenarnya mereka akan sangat butuh sebelum melangkah ke dunia kerja. Mahasiswa Teknik Sipil saat ini sudah nyaman dengan memilih Tugas Akhir lewat penelitian. Entah penelitian laboratorium atau analisis struktur. Tapi apakah dari melakukan sederet penelitian akan membantu mahasiswa untuk berkompeten dalam dunia kerja konstruksi. Bila ingin berprofesi menjadi dosen, memang benar. Namun bila ingin berprofesi sebagai praktikan konstruksi (seperti kontraktor, konsultan, atau PU), saya bisa katakan dengan jelas, TIDAK.

Bukan ingin menghina atau mengejek kawan-kawan mahasiswa yang memilih meneliti. Tidak ada maksud untuk ke arah itu. Namun saya ingin memberikan pandangan baru kepada kawan-kawan. Jangan pernah naif. Dunia kerja itu jauh lebih keras daripada dunia kuliah. Kita ini bukanlah apa-apa saat masuk. Prestasi akademis dan IPK bukan jaminan untuk bisa diterima di perusahaan bergengsi. Yang lebih dibutuhkan oleh perusahaan adalah: Pengalaman Kerja.

Saya tidak berlebihan. Mengapa? Karena artikel ini terinspirasi oleh kata-kata dari para senior di proyek Apartemen Gunawangsa. Merekalah, para staff PT.Waskita Karya, yang sering bercerita. Tidak ada unsur mengada-ada dari semua kalimat yang dibuat dalam artikel ini.

Maka bagi para mahasiswa yang bingung (jurusan apa saja) untuk magang atau tidak, saya sarankan untuk memilih magang. Inilah kesempatan bagi mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman kerja. Saat magang, kita benar-benar bekerja, diberi deadline, diberi tanggung jawab, dan diberi honor. Beda dengan Kerja Praktek, yang mana menurut saya hanyalah observasi lapangan semata.

4 bulan ini sangat berarti. Kami tidak hanya mendapatkan pengalaman, namun hubungan dan relasi yang sangat baik dari segenap staff kantor proyek. Terutama oleh Kepala Proyek, Bpk Ir. Aris Wijayanto, dan Kepala Teknik, Bpk Ir.Sata Kumara. Mereka berdua yang selalu memotivasi dan menginspirasi kami, mahasiswa, untuk berpikiran lebih maju. Dan juga kepada 15 staff bagian Teknik, bagian Pelaksana, bagian SDM, bagian Logistik, K3LM, bahkan para driver mobil kantor. Terima kasih sudah menerima kami sebagai bagian dari keluarga kecil di kantor. Terima kasih yang selalu mengajak kami bermain futsal tiap Malam Minggu (gratis pula). Terima kasih yang sering mengajak kami nonton bola bareng di kantor. Terima kasih juga selalu mengajak kami makan2 bersama (di Hanamasa lagi). Tidak cukup kata terima kasih yang keluar dari saya untuk mengekspresikan perasaan ini.

TERIMA KASIH PT.WASKITA KARYA

Foto Bersama seluruh staff Teknik

tribute to: Pak Aris, Pak Sata, Pak Didik, Pak Firman, Pak Jatmiko, Pak Rasmin, Pak Berkah, Mas Agung, Mas Fajar, Mas Rofii, Mas Zian, Mas Rajiv, Dek Imam, Mbak Merry, Mbak Rina, Pak Her, Mas Ony, Mas Hendra, Mas Hendro, Pak Ali, Mas Arif, Mbak Maya, Mas Youga, Pak Heri, Pak Nanang, Pak Iwan, Pak Warto, Mas Iwan, Pak Gatot, Mas Didik driver, Mas Arif driver, dll….

2 responses

  1. AAP

    Memang sih pengalaman itu penting di dunia kerja. Tapi kalo kita kecil di dunia kerja itu ya emang wajarnya gitu bro, namanya aja kita fresh graduate Sarjana Strata-1 yang emang udah di’set’ untuk mempelajari detail-detail ilmu dibidangnya dan tidak mempunyai pengalaman kerja setelah lulus nanti. Kalau mau siap kerja saya sarankan lagi lebih baik masuk ‘akademi’ bung. Mengenai pengalaman menurutku jangan berkecil hati buat para fresh graduate, biarkan pengalaman datang seiring berjalannya waktu. Ntar kalo udah merambah dunia kerja juga kita bisa dapet kok. Lagian kebanyakan perusahaan2x juga udah mempersiapkan program ‘pelatihan’ buat fresh employers nya biar siap di dunia kerja, jadi jangan khawatir, perusahaan ngerti kok fresh S1 belum punya pengalaman. Malah menurutku mumpung masih kuliah kita fokus aja ke ilmu2 detail yg mungkin nggak kita peroleh di dunia kerja nanti, supaya pemikiran kita lebih panjang dan luas dalam memutuskan sesuatu karena kita lebih tau dasarnya. Thx bro, no offense, keep calm and carry on. GBU.

    June 30, 2011 at 3:16 am

  2. Arbi Yuda Pamungkas

    Mas, infonya dong magang di PT. WASKITA KARYA saya jg dari mahasiswa ugm diploma 3 sipil yang mau magang. Terimakasih

    November 9, 2015 at 3:52 pm

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s